E-NAK WANGI untuk Sapi Banyuwangi

PEMKAB-BANYUWANGI-E-NAK-WANGI

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

E-NAK WANGI mulai di luncurkan untuk sapi Banyuwangi, diharapkan e-nak wangi ini dapat menumbuhkan produktivitas peternak sapi di banyuwangi.

Diusung oleh bupati banyuwangi Azwar Anas E-wangi diharapkan dapat memonitor sapi yang ada di kabupaten banyuwangi agar tetap sehat dan terjaga kualitasnya.

“Melalui kartu ini, pemilik sapi bisa mengetahui riwayat kesehatan sapinya, juga dapat mengetahui sapi tersebut pernah diberi vitamin apa, sakit apa, kesehatannya bagaimana,” ujar Anas.

Menargetkan sekitar 10 ribu sapi di kabupaten Banyuwangi, bupati Azwar Anas positif akan menggalakkan program ini agar para sapi yang diternak tetap mendapatkan pelayanan kesehatan.

Ketegasannya adalah untuk ternak yang memiliki masalah kesehatan dapat segera menghubungi dinas kota terkait unutk segera dilakukan tindakan dari paramedis yang sudah di tugaskan.

“Sapi diberi barcode yang telah terkoneksi dengan Nomor Induk Kependudukan peternak,” ujar Arief Setiawan, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi.

Dalam E-NAK WANGI terdapat barcode yang terkoneksi dengan data pribadi sang peternak dimana akan mudah dilacak dan di pantau secara berkala.

Hal ini mmepermudah digitalisasi data dari sapi dan peternak jika terjadi masalah mulai dari kesehatan sapi maupun pencurian ternak yang tidak dipungkiri bahwa adanya hal ini.

E-NAK WANGI ini juga dapat terhubung dengan aplikasi di smartphone yang akan membuat lebih mudahnya sang peternak untuk memantau atau menghunbungi dinas terkait tentang apa yang terjadi pada hewan ternaknya.

E-NAK WANGI juga terhubung dengan asuransi ternak yang dapat di klaim sesuai dengan kebijakan permerintah dinas terkait.

Banyuwangi sendiri merupakan penghasil hewan ternak terutama sapi dengan jumlah 47 sampai 600 ribu ekor per tahunnya,  yang dikirim ke seluruh Indonesia.

READ  Cara Klaim Token Listrik Gratis dari PLN

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Social Media

Most Popular

Baca Juga